*** Welcome To Forum Intelijen *** All statements of fact, opinion, or analysis expressed in this blog are my own. *** This is not necessarily reflect any official or views of Indonesian Intelligence Agency or any other Indonesian Government entity, past or present. ****** Nothing in the contents should be construed as asserting or implying Indonesian Government endorsement of an article's factual statements and interpretations. ***

Minggu, 02 Januari 2011

Transformasi Ilmu Intelijen

Intelijen adalah sekumpulan informasi yang berkaitan pada satu atau beberapa tujuan di mana informasi tersebut telah diekstrak, disaring dan dianalisis. Ini merupakan bentuk lain dari intelijen dan dapat dilakukan tindakan lebih lanjut berkenaan dengan tujuannya. Intelijen harus memiliki sifat yaitu memiliki keakuratan yang tinggi, fokus pada satu bidang, berdimensi waktu yang sesuai, visi kedepan,dapat diterapkan dan responsive terhadap kebutuhan manajemen.

Ada perubahan krusial antara intelijen dengan spionase industri yaitu pada pertimbangan etis dan legal. Namun pada kenyataannya, masih banyak yang salah tafsir dan mensalah artikan terhadap intelijen. Ini terjadi karena kosakata intelijen itu sendiri memiliki arti yang luas dan setiap Negara akan mendefinisikan intelijen dalam terms sesuai dengan standar etis yang berlaku di negara tersebut. Ini merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh individu yang berkecimpung dalam unit intelijen sebuah organisasi bahwa setiap negara mempunyai standar etis yang berbeda dan kadang bertentangan dengan standar etis dalam organisasi.

Praktek intelijen lain yang sangat terkenal dan dijadikan salah satu pedoman dalam ilmu manajemen modern adalah praktek intelijen kompetitif yang dilakukan oleh Jenderal Sun Tzu. If you know your enemy and yourself, you will win every battle. If you knowyourself, but not your enemy for battle you won, you will suffer a loss. But ifyou are ignorant of your enemy and yourself, you are a fool and certain to bedefeated in every battle” (Sun Tzu).

Competitive Intelligence merupakan salah satu tools yang dapat digunakan oleh perusahaan/organisasi untuk memperhatikan hal tersebut.

Perbedaan yang nyata dari Competitive Intelligence saat ini adalah dari sisi etika dan metode. Munculnya kesadaran bahwa sebenarnya informasi itu sudah membanjir di mana-mana bahkan informasi yang dikategorikan rahasia oleh CIA pun sebagian besar sebenarnya sudah tersedia di lingkungan kita. Untuk mendapatkannya hanya perlu didukung oleh kemampuan untuk mencari, mengumpulkan dan menganalisisnya secara lebih jeli. Kemampuan analisa yang jeli itulah dikatakan sebagai makna dari “Competitive Intelligence”.

Competitive Intelligence meliputi pengambilalihan informasi dan pengumpulan informasi secara legal, analisis dan penyajian informasi intelijen. Competitive Intelligence juga didefinisikan sebagai program sistematik untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi tentang kegiatan para pesaing dan kecenderungan-kecenderungan bisnis umum untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Dengan demikian, dalam Competitive Intelligence mengandung unsur sebagai berikut:
  • Program sistematik
  • Pengumpulan data
  • Analisis informasi
  • Aktifitas – aktifitas bisnis
  • Adanya tujuan strategis yang hendak dicapai.
Definisi yang lain menyatakan Competitive Intelligence sebagai sebuah program: “Program Competitive Intelligence merupakan pondasi di mana sasaran, strategi dari sebuah organisasi dibangun dan dimodifikasi. CompetitiveIntelligence menyediakan input terhadap keputusan produk mana, pasar dan jalur bisnis yang akan ditanami investasi dan dibangun, bagaimana membangun kerjasama dan juga mana yang akan diinvestasi’’.

Dari beberapa definisi diatas, maka proses Competitive Intelligence semua memiliki elemen-elemen yang sama. Elemen-elemen tersebut adalah:
  • Memfokuskan pada industri dan membuat profil pesaing.
  • Pengumpulan data menjadi intelijen, diorganisasi dan dievaluasiuntuk menyediakan  pandangan baru terhadap kompetisi.
  • Setiap anggota organisasi adalah bagian dari Competitive Intelligence, sebagai antena, meskipun tidak diberi tanggung jawab secara formal.
  • Merupakan proses dari mengumpulkan, menganalisa dan menggunakan data umum (public) yang tersedia diperoleh dengan legal dan etis, dan bukan merupakan spionase industri.

Berbagai pendapat para pakar mengenai bidang ilmu Competitive Intelligence:
  • Competitive Intelligence :  Systematic program to collect and analyze the information upon the activities of the competitors….. in the view to achieve the strategic goals of the company (Larry Kahanner).
  • Competitive Intelligence: Analyze the information, upon the competitors which the involved within the decision process of the company (Leonard Furd).
  • Competitive Intelligence: Knowledge and forecast of the surrounding world – in view to assist the decision of the company CEO (Jan Herring).
  • Competitive Intelligence: Master in the information which allows decision making (Ben Gilad).
  • Competitive Intelligence: Systematic program to treat, analyze, understand, disseminate information upon the activities of the competitors, the technologies and the general tendencies of the competitors, the technologies and the general tendencies of the company activities, in view to achieve the best strategic goal of the company (Gilda Massari, Henri DOU).
  • Competitive Technical Intelligence: System of Competitive Intelligence with strong components in the fields of technologies and R&D (Gilda Massari, Henri DOU). Competitive Intelligence is a way of thinking.

Competitive Intelligence merupakan program yang sistematis dalam mengumpulkan dan menganalisa kegiatan pesaing dan juga tren bisnis yang sedang terjadi dan kemudian hasilnya akan digunakan untuk mengatur strategi yang harus diterapkan dalam menghadapi pesaingnya tersebut.

Competitive Intelligence program ( secara umum ) adalah proses secara terus-menerus yang sistematis untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang kegiatan para pesaing dan kecenderungan-kecenderungan bisnis (tren politik, ekonomi, teknologi) untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

Competitive Intelligence Program (secara khusus ) adalah proses terus-menerus mulai dari perencanaan dan pengarahan, pengumpulan informasi tentang aktivitas pesaing dan kecenderunganbisnis umum, evaluasi dan analisis (pengubahan informasi menjadi intelijen) dan penyajian hasil analisis.

(Tulisan ini merupakan sumbangan dari: Lalu Winarna; ditulis pada tanggal 20 Juli 2006. Dengan judul "Competitive Intelligence And Technology Watch."

0 komentar:

Poskan Komentar

Setelah membaca biasakanlah memberikan komentar pada artikel yang anda baca. Komentar Anda sangat berguna bagi pengembangan blog ini dimasa akan datang dan selaku admin Blog Forum Intelijen; kami sangat berterima kasih kalau anda tidak meninggalkan link dalam komentar Anda. Serta akan sangat bijak jika komentar Anda tidak bersifat SARA. Terima kasih tidak spam.

 
Blog Forum Intelijen by Indonesian Intelligence Community is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 United States License.